Durian Musang King - Inilah Asal Usulnya

Pohon Durian Musang King - sangat populer di negara asalnya Malaysia, Singapura dan kini di Indonesia. Bahkan kini sudah mulai masuk ke pasaran Eropa bahkan Amerika. Sebelum anda membeli durian musang king, ada baiknya anda mengetahui asal usul dan ciri- cirinya agar tak keliru membelinya.

Durian yang relatif baru kemunculannya ini terkenal lezat, berdaging buah tebal, biji kecil, manis dan legit. Saking lezatnya, kepopuleran durian ini kini bersaing dengan Durian Montong asal Thailand yang telah populer terlebih dahulu.

Lalu, bagaimana asal usul durian Musang King ini?

Durian Musang King pada awalnya dikenal dengan nama durian "Mao Shan Wang" yang artinya raja kucing. Durian ini pertama kali dikenalkan tahun 1990 an.

pohon durian musang king

Kemudian tahun 1993 ada seorang warga bernama Wee Chong Beng mendaftarkan durian ini sebagai durian unggul dan dinami Raja Kunyit.

Nama ini disematkan karena durian ini memiliki warna daging kuning seperti kunyit. Dilansir dari Durian Musang King Salaman.

Sekitar tahun 1990-an di kawasan Tanah Merah di Kelantan Malaysia sempat heboh karena pohon durian di kawasan ini menghasilkan buah yang berkualitas.

Warna dagingnya kuning, tebal, lembut, manis sedikit pahit serta memiliki biji yang kecil dan tipis. Tak heran 80% dari buah durian ini adalah daging buah.

Sebagian besar warga kemudian menyebutnya durian Raja Kunyit Musang King. Sebutan musang king ini disertakan karena lokasi pohon induknya berada di dekat Gua Musang yang berada di Kelantan, Malaysia.

Durian Musang King Mulai Populer

Tak berapa lama kemudian, durian ini langsung menjadi buah bibir banyak orang. Petani di Malaysia tak lama kemudian secara berbondong-bondong menanam Pohon Durian Musang King. Pada tahun 2000 pohon durian musang king ini mulai berbuah dan dapat dipanen.

Hasil panen dengan kualitas durian yang stabil membuat populasi durian musang king ini semakin berkembang. Pihak Kementerian Pertanian Malaysia bahkan sudah mencatat varietas durian ini sebagai varietas durian ke-197. Alhasil buah ini mendapat kode D-197.

pohon durian musang king

Karena kualitasnya yang terjamin, pecinta dan penikmat durian tak segan merogok kantung dalam-dalam demi bisa menikmati durian ini. Ya, harga durian musang king sebanding dengan kualitasnya dan terbilang tinggi.

Harganya bisa melonjak saat sudah tiba di negara luar Malaysia. Karena agak sulit mengirim durian ini karena aromanya yang sangat tajam sehingga sulit lolos dari peraturan bandara.

Di Malaysia sendiri saja harga perkilo durian ini mencapai RM 125 (RP 445.700) pada Maret lalu. Namun kabarnya, panen yang berlimpah membuat durian ini turun harga di kisaran angka RM 50 (Rp 78.200) hingga RM 65 (Rp 231.000).

Di Indonesia sendiri durian musang king masih terbilang langka dan harganya tinggi. Hanya penjual buah besar dan supermarket buah saja yang menyediakan durian ini. Umumnya dijual dalam keadaan beku. Harganya relatif tinggi, apa sih kelebihannya?

Daging buah musang king memiliki ciri khas antara lain dagingnya yang berwarna kuning, teksturnya lembut creamy dan tidak berserat.

Untuk rasanya, musang king populer dengan rasa manis legit dengan sedikit semburat pahit. Hal ini sangat disukai oleh para penggemar durian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIBIT MANGGA MAHATIR

BIBIT KELAPA HIBRIDA