Bibit Mangga Miyazaki ( Mangga Termahal Didunia)

 


Mengutip laman Miyazaki, mangga Miyazaki awalnya ditanam di kota Miyazaki di prefektur Kyushu Jepang. Varian ini mendapatkan namanya dari kota asalnya. Mengutip berbagai sumber, buah yang identik dengan buah-buahan tropis ini pertama kali diperkenalkan selama periode Meiji (1868-1912)
Mangga Miyazaki dipercaya memiliki rasa yang sangat lezat, tekstur yang lembut, berair, aromatik, dan hampir tidak berserat sama sekali.
Pohon mangga akan tumbuh dengan baik jika Anda melakukan persiapan dan perawatan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan agar mangga yang ditanam bisa berbuah lebat.

1. Menabur Dolomit

Tanah yang baik untuk pohon mangga harus memiliki kandungan pH yang sesuai, Anda bisa menggunakan dolomit untuk mengubah pH tanah. (Foto: Pixabay)
Pemupukan adalah hal yang penting jika Anda ingin pohon mangga berbuah lebat. Salah satu pupuk yang bisa Anda gunakan adalah dolomit atau pupuk kapur. Kandungan kalsium dan magnesium yang ada pada dolomit mampu merangsang tanaman untuk lebih produktif. Selain itu kadar mineral tersebut bisa menetralkan pH tanah yang terlalu asam.
Cara penggunaan dolomit adalah sebagai berikut:
  1. Jika tanah pada tanaman mangga Anda mengalami kerusakan maka cara penggunaannya adalah dengan cara menabur dolomit di atas tanah. Kemudian tanah tersebut diolah kembali agar dolomit tercampur bersama tanah.
  2. Jika Anda ingin memberi ZA dan dolomit secara bersamaan, maka cara pemakaiannya adalah dengan menabur kedua pupuk tersebut melingkari batang tanaman mangga.
  3. Jika ingin menetralisir keasaman tanah, maka Anda perlu menabur dolomit selama 7 hingga 10 hari sebelum pengaplikasian pupuk lainnya.

2. Melakukan Pemangkasan

Pemangkasan pohon mangga bisa meningkatkan produktivitas pohon tersebut. Setelah pemangkasan dilakukan, akan muncul tunas vegetatif dan generatif. Hal ini menyebabkan percabangan semakin luas dan jumlah buah yang muncul bertambah. Selain itu ternyata pemangkasan juga sangat baik agar tanaman bebas hama penyakit, mengurangi kelembapan, serta mempercepat tanaman untuk berbuah.
Berikut adalah cara pemangkasan pada mangga.
  1. Siapkan gergaji untuk memotong dahan yang besar dan gunting pangkas untuk memotong ranting kecil, dan pastikan keduanya dalam kondisi bersih.
  2. Pilih bagian ranting yang banyak terdapat hama atau ada penyakit, kemudian bakar ranting tersebut.
  3. Pangkas bagian ranting yang mengarah ke luar atau ke dalam tajuk.

3. Memberi ZPT (Zat Pengatur Tumbuh)

Pemberian ZPT bisa dilakukan dengan cara penyemprotan pada daun agar meningkatkan produktivitas buah mangga. (Foto: Freepik)
Pemberian ZPT atau Zat Pengatur Tumbuh menjadi cara yang mudah agar pohon mangga Anda berbuah lebat. ZPT mengandung bahan aktif paklobutrazol yang mampu merangsang pohon untuk memunculkan bunga. Agar penggunaan ZPT efektif, aplikasikan pada tanaman yang sudah memasuki usia produktif (-/+ 5 tahun).
Cara pengaplikasian ZPT ada dua macam, melalui daun atau tanah. Aplikasi lewat daun bisa dilakukan dengan dosis rendah agar hasil lebih efektif, caranya dengan cara menyemprotkan ZPT ke daun. Sementara pengaplikasian lewat tanah bisa memberi hasil yang lebih baik. Caranya dengan menyiram ZPT di sekitar pangkal pohon.

4. Melakukan pelilitan pada batang

Caption: Pelilitan bertujuan untuk menghambat distribusi hasil fotosintesis sampai ke akar dan hanya menumpuk pada batang agar berbuah lebat. (Foto: Pixabay)
Pelilitan pada pohon mangga sudah dilakukan sejak lama. Cara tradisional ini mampu membuat mangga lebih banyak berbuah. Tujuan dari pelilitan ini adalah agar distribusi hasil fotosintesis dari daun ke akar menjadi terhambat. Hal ini menyebabkan adanya penumpukkan nutrisi pada bagian batang, sehingga nutrisi tadi disalurkan pada buah.
Pelilitan pada pohon mangga diaplikasikan pada batang utama, batang primer, dan cabang tanaman. Gunakan kawat untuk melilit bagian tersebut sekencang mungkin, agar didapatkan hasil buah yang lebat.

5. Melakukan perawatan rutin

Produksi buah dipengaruhi oleh perawatan yang baik. Langkah ini dilakukan agar pohon mangga tidak terserang hama atau penyakit yang menyebabkan buah sedikit atau bahkan tidak berbuah sama sekali. Berikut adalah cara merawat agar berbuah lebat.
  1. Lakukan penyiraman secara rutin. Terlebih pada musim kemarau ada kemungkinan daun atau bunga dari mangga berguguran. Penyiraman bisa Anda lakukan pada pagi dan sore hari.
  2. Rutin memberi pupuk bisa meningkatkan produktivitas mangga.
  3. Siangi tanaman lain yang ada di sekitar pohon, hal ini dilakukan agar tidak ada kompetisi dalam memperebutkan unsur hara dan sarang hama penyakit.

6. Memberi luka pada batang

Pelukaan pada pohon mangga hingga terlihat serat kayunya bertujuan untuk meningkatkan produksi buah mangga. (Foto: Pixabay)
Pelukaan pada batang pohon mangga ternyata bisa meningkatkan produktivitas buah. Konsepnya hampir sama dengan pelilitan, yakni agar nutrisi tanaman tidak terdistribusi ke akar dan hanya berfokus pada batang. Dengan demikian, nutrisi yang bertumpuk tadi akan menjadi cadangan makanan berupa buah.
Bagian pohon yang bisa Anda lukai yakni leher dan pangkal batang. Anda bisa melukai bagian tersebut hingga terlihat jaringan kayunya. Teknik pemberian luka pada pohon ada bermacam-macam. BIasanya yang membedakan adalah panjang luka, dalam, bentuk. Secara umum ada beberapa bentuk pelukaan yakni pengerokan, pencincinan, dan pencacahan.

7. Melakukan pelengkungan batang

Pelengkungan batang mangga dapat dilakukan untuk merangsang produktivitas buah. Hal ini dilakukan agar pohon mangga melakukan pertumbuhan generatif, sehingga bunga bisa muncul. Pelengkungan pada batang mangga ini dilakukan dengan membuat batang menjadi datar. Kondisi ini membuat unsur hara, air, dan nutrisi lainnya akan terhambat.
Cara melakukan pelengkungan batang mangga adalah menarik cabang yang akan dilengkungkan hingga ke tanah kemudian ditahan menggunakan tali. Ujung cabang yang diikat kemudian diikat padat kayu atau patok agar cabang tidak kembali ke posisi awal.

8. Memberi Fosfor dan Protein Tinggi

Salah satu cara untuk merangsang pertumbuhan pohon mangga adalah dengan pemberian fosfor dan protein tinggi. Pemberian pupuk ini dapat mempercepat pohon mangga berbunga. Beberapa jenis fosfor dan protein tinggi dapat ditemukan pada pupuk organik maupun anorganik.
Pemberian fosfor dan protein tinggi memiliki variasi durasi yang beragam tergantung jenis pupuk yang digunakan. Anda bisa menaburkan 2-3 genggam tepung ikan atau tepung tulang setiap tiga bulan sekali atau setiap dua minggu sekali dengan menyiram pohon mangga dengan campuran minyak ikan.

Jenis Pohon Mangga Terenak untuk Dipanen

Pemangkasan yang baik bisa dilakukan saat sesudah panen atau 3 bulan sekali. (Foto: Freepik)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIBIT MANGGA MAHATIR

BIBIT KELAPA HIBRIDA